Intinya Sama

Intinya Sama

Mesin penetas telur adalah sebuah inovasi teknologi yang cara kerjanya mengadopsi tingkah laku (behaviour) induk ayam atau unggas lainnya selama masa mengeram. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang menyebutnya dengan mesin penetas telur, mesin tetas telur, alat penetas telur, dan ada sebagian orang yang menggunakan istilah setter dan hatcher.

Banyak sudah macam mesin penetas yang ditawarkan oleh produsen mesin tetas. Pada intinya semuanya sama berdasarkan cara kerjanya akan tetapi beda dalam hal harga. Produsen pun begitu ada yang hanya berorientasi bisnis semata dan ada juga yang berorientasi untuk kemajuan perunggasan masa depan. Berdasarkan cara kerjanya mesin ini dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu mesin penetas manual, mesin penetas semi otomatis atau modern dan mesin penetas full otomatis atau modern. Berikut adalah sedikit keterangan dari ke tiga mesin tersebut:

Mesin penetas manual artinya pembalikan telur masih dilakukan satu-satu dengan sentuhan tangan langsung dan kontrol suhu masih belum otomatis. Kelebihan penetas manual adalah kontrol terhadap telur yang ditetaskan lebih terjaga. Kenapa? Karena, minimal 2-3 kali dalam sehari telur-telur tersebut dibalik sehingga kita mengetahui telur mana yang sudah dibalik dan yang belum dibalik. Kelebihan lainnya adalah pada waktu pembalikan telur kita bisa merubah posisi telur yang semula dipinggir dipindah ke tengah dan sebaliknya guna pemerataan suhu. Adapun kekurangannya adalah butch tenaga dan waktu khusus untuk mengawasi dan pengoperasiakannya.

Mesin penetas semi otomatis atau semi modern artinya pembalikan telur ada yang sudah dengan sekali handle dan ada juga yang masih dibalik satu-satu. Kontrol suhu sudah otomatis baik dengan menggunakan thermostat atau thermoregulator. Kelebihan penetas semi otomatis adalah cara kerja yang lebih simple dan mudah dioperasikan. Adapun kekurangannya adalah harga lebih mahal jika dibandingkan dengan mesin mesin penetas manual dan kontrol terhadap telur yang ditetaskan kurang. Hal ini disebabkan oleh terlalu percayanya operator terhadap mesin ini sehingga beranggapan bahwa setiap telur yang dimasukkan mesin ini pasti menetas. Padahal kita tidak tahu kontrol suhu di dalam ruangan mesin sewaktu penetasan berlangsung.

Mesin penetas full otomatis atau modern artinya pembalikan dan kontrol suhu semuanya serba otomatis. Mesin ini biasanya terdiri dari dua sekat atau ruang yaitu ruang untuk pengeraman saja (setter) dan ruang untuk persiapan telur yang akan menetas (hatcher). Kelebihan penetas full otomatis adalah pekerjaan menjadi ringan dan bisa mengoperasikan dalam jumlah banyak walau dengan tenaga kerja satu orang ketika masa pengeraman. Kekurangannya adalah dari segi harga, mesin ini mempunyai harga yang jauh berkali-kah lipat jika dibandingkan dengan mesin penetas semi otomatis. Dan kalau ada gangguan sewaktu masa pengeraman akan berakibat fatal terhadap telur yang sedang ditetaskan. Akan tetapi hal ini jarang terjadi pada mesin yang full otomatis.

Dari semua jenis yang telah kami paparkan di atas manakah yang terbaik? Jawabnya adalah kembali kepada kita sendiri, seberapa modal yang kita punya, tujuan usaha yang akan kita dirikan dan berapa jumlah SDM yang akan mendukung usaha kita. Tidak ada salahnya apabila sebelum membeli anda bertanya tentang harga, spesifikasi produk, dan yang lainnya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Untuk masa sekarang mesin penetas telur manual sudah sangat jarang dijual kecuali pada daerah-daerah tertentu dan yang banyak dipasaran adalah type semi otomatis dan full otomatis. Anda sebagai calon pembeli jangan pula berlagak ‘sok punya duit’ misal dengan membeli mesin penetas telur full otomatis berkapasitas 200 butir dengan harga 6 juta. Kalau anda yang tergolong sudah tidak membutuhkan atau bahkan uang tidak ada nilainya tentu itu tidak masalah, itu hak anda sepenuhnya. Akan tetapi kalau kita tergolong pemula dan modal pun pas-pasan maka tunggu dulu, pertimbangkan dulu dengan masak-masak. Menurut hemat kami mesin penetas telur yang full otomatis hanya memberi keuntungan kalau diusahakan pada skala besar misal skala 5-20ribu butir telur perperiode tetas. Dan untuk anda ketahui di antara kelemahan mesin penetas telur yang full otomatis terutama produk impor adalah ketersediaan suku cadang. Coba anda bayangkan ketika proses menetaskan berlangsung dan tiba-tiba mesin penetas telur anda mati?

http://napiculture.blogspot.com

Ayam yang baru menetas

Harga mesin penetas

Membandingkan harga untuk produk mesin penetas dari satu toko dengan toko yang lain perlu anda coba. Karena kadang ada satu produk yang sama persis tapi dijual dengan harga yang berbeda. Ada sebagian orang yang berkenyakinan membeli produk pada toko/perusahaan yang berbadan hukum lebih terjamin keamanan dan kualitasnya. Akan tetapi hal itu tidak semuanya benar, berapa banyak toko berbadan hukum tapi “siluman”. Termasuk teliti sebelum membeli adalah menanyakan kelengkapan produk yang disertakan. Adakalanya harga bisa jadi sama akan tetapi kelengkapan produk mesin penetas tidak ada seperti thermometer, bak air, atau bahkan buku panduannya.

 

Fasilitas yang diberikan

Beberapa penjual mesin penetas menawarkan fasilitas untuk produk mesin penetas telur sebagai berikut: garansi kerusakan mesin (berapa bulan), mesin penetas telur dengan pemanas ganda (listrik dan lampu minyak tanah/lpg), layanan konsultasi gratis selama proses penetasan dan fasilitas lainnya. Fasilitas ini perlu terutama bagi anda yang sangat pemula. Jangan anda kira proses menetaskan telur hanya sekedar memasukkan telur ke dalam mesin penetas dan tunggu tanggal menetasnya. Banyak proses yang harus dilalui agar diperoleh daya tetas tinggi. Pada intinya menetaskan telur tidak sama dengan proses meng oven roti sebagaimana yang ada pada benak sebagian orang.

 

Keamanan beli

Dalam sistem jual beli jarak jauh (on-line) yang perlu anda perhatikan antara lain kredibilitas penjual. Hal itu bisa dilihat pada jumlah pembeli pada daftar pembeli (kalau ada). Kalau ada sanak saudara atau kenalan yang dekat dengan lokasi penjual mesin bisa dilakukan cross cek apa benar toko yang bersangkutan menyediakan mesin penetas, atau bisa juga dengan meminta kontak pelanggan dari kota yang sama dengan anda. Memang tidak bisa dipungkiri adanya ‘oknum dalam jual beli di dunia maya (on-line) akan tetapi itu tidaklah kuat memberikan kesimpulan secara general bahwa semua penjual on-line adalah penipu. Silahkan tanya pada hati nurani anda, ada keraguan tidak ketika anda hendak memutuskan untuk beli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s